Jumat, 04 Mei 2012

VB versi Opensource = Gambas

 

Gambas2-logo

Siapa yang gak tau Visual Basic? tapi kalo Gambas? pasti asing didengar..
Gambas adalah bahasa Pemograman yang cukup bagus,utk programmer yang baru di linux, Loh ko linux ? Iya Gambas ini didevelop oleh programmer asal Prancis Benoit Minisini yang berasal dari bahasa dasar BASIC,Gambas ini didesain untuk berjalan pada sistem UNIX atau sekarang Linux,bahasa pemogra
man gambas ini sangatlah mirip dengan Bahasa Pemograman Visual Basic,tapi ingat Gambas ini bukan Visual Basic.

Gambas ini dapat membuat "Graphic Application" menggunakan Qt atau GTK+ Toolkit IDE Gambas ditulis dalam Gambas sendiri. Gambas termasuk desainer GUI untuk membantu dalam menciptakan user interface, tetapi juga dapat membuat aplikasi baris perintah.

Apakah Komponen Gambas selengkap Visual Basic ? wah jangan salah gambas ini bnyk sekali komponen pendukung salah satu nya ; komponen database SQL,Music,PDF,Document,dll

Perbedaan Gambas dengan Visual Basic ? Visual Basic adalah pemograman Basic yang berjalan pada sistem operasi Windows dan Visual basic pun bukan software gratis (alias berbayar) jadi perbedaannya disini sangat jelas Gambas adalah Bahasa pemograman Basic yang berjalan pada sistem operasi Linux yang terkenal dengan "OpenSource" jadi Gambas ini Free alias Gratis.

Format Aplikasi Gambas : Executable (.gambas) Source Archive (.tar.gz) Installation Package (.deb "Tergantung saat memilih untuk Distro Linux apa" )

Ini Website resmi gambas : http://gambas.sourceforge.net/  gambas dapat didownload dari websitenya langsung tapi lebih mudah melalui Software center di ubuntu.



Sumber
  • Share
  • [i]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar