Senin, 14 November 2011

99 Aturan Aneh RPG

99 Weird RPG Rules (99 Aturan Aneh RPG)

Role Playing Game atau biasa disebut/disingkat RPG adalah salah satu genre game dimana pemain memainkan karakter fiksi/khayalan dalam setting dan plot tertentu. Pemain bertanggungjawab memainkan peran karakter tersebut sesuai narasi game, mengikuti proses cerita dari game tersebut, atau melalui serangkaian proses pemilihan keputusan dan pengembangan karakter. Para pemain memilih aksi tokoh-tokoh
mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan.
Beberapa judul yang populer dari genre ini diantaranya adalah Serial Final Fantasy, Serial Suikoden, Serial Tales, Harvest Moon, dan sebaginya.
Ada yang menarik dari genre RPG ini yaitu “aturan-aturan” aneh yang ada hampir di semua game RPG. Saya akan menuliskan 99 aturan-aturan aneh RPG (99 Weird RPG Rules) pada posting saya kali ini. Saya mengutip dari majalah Hotgame edisi 99/ Minggu ke-3 Agustus 2003 halaman 8-10 dengan beberapa perubahan, sudah cukup lama ya? tapi apa sih yang enggak buat di-share.Haha.
Check these out, 99 Weird RPG Rules:

1. 1000 tahun. Periode rawan bencana yang sudah ditetapkan. 1000 tahun setelah perang besar… Iblis bangkit setelah 1000 tahun… senjata keramat yang tersegel salama 1000tahun… haha kalau enggak 1000 tahun bisa saja 500 tahun, atau 100 tahun, ga jauh2 dari itu deh.
2. Amnesia. Jangan langsung simpati pada karakter baik-baik yang lagi amnesia, biasanya dia dalah karakter yang jahat sebelum amnesia.
3. “Perkenalkan, nama saya…” Sebelum bertemu denganmu, para pahlawan belum memutuskan apa nama mereka. Alih-alih kenalan, kita harus memilihkan nama untuk mereka per huruf.
4. Anoreksia. Umumnya karakter RPG ga perlu makan, kecuali udah jalan cerita.
5. Pemimpin agama. Hampir semua pemimpin agama dan tempat ibadah menyimpan rahasia politik atau punya cita-cita yang egois.
6. Sok akrab. Orang-orang ga keberatan kalau anada masuk-masuk begitu saja ke dalam rumah mereka dan mereka ngobrol ini itu sama anda seolah-olah udah kenal dari dulu.
7. Kota Selalu Aman. Kota-kota bisa tetap berdiri dengan aman, biarpun ada naga dan monster berkeliaran di dunia sekitarnya.
8. Efisiensi program. Programer RPG tidak akan menghabiskan waktu utnuk karakter yang tidak penting. Kalau karakter yang visualisasinya keren dan agak detail bisanya nggak bakal cepet mati/hilang.
9. Kebenaran. Para pahlawan kita selalu benar.
10. Bonus Boss. Boss yang amit-amit minta ampun susahnya, bahkan bisa 10 kali lebih susah daripada boss terakhir.
11. Jembatan rusak. setelah bantuin penduduk setempat atau tugas kecil lain, tau-tau jembatan itu sudah utuh lagi.
12. Kaset rusak. Orang-orang pasti selalu mengatakan hal yang sama setiap kali diajak bicara.
13. Kakak kelas. Senior atau kakak dari tokoh utama yang lebih jago dari tokoh utamanya biasanya mati/hilang.
14. Bangsa kuno. Ras wajib dalam cerita, umumnya punya teknologi canggih tapi telah punah (biasanya 1000tahun yang lalu)
15. Hukum Arsitektur#1. Semua puri menara dan istana musuh dibangun berbentuk labirin. Bayangin kerepotan penghuninya kalau mau ke wc buang air.
16. Teman sejati. Bila seorang karakter meninggalkan party secara permanen (tewas, misalnya) semua item, equipment, bahkan experience bakal diwarisin.
17. Penasehat. Penasehat atau tangan kanan raja biasanya jadi orang jahat.
18. Emas dalam pot bunga. Pasti kita suka nemuin duit atau item-item di pot bunga.
19. Hukum Arsitektur#2. Istana/bangunan milik musuh utama pasti runtuh setelah kita mengalahkan musuh tersebut, padahal kita nggak pernah merusak fisik bangunannya.
20. Asas Tunggal. Situasi dimana kita dikasih beberapa pilihan namun apapun pilihan yang kita pilih akan terus muter2 lagi sampai kita memilih pilihan yang benar/diskenariokan oleh game tersebut.
21. Korban Minimal. Anggota party tokoh utama yang mati menurut jarang cerita biasanya ga sampe labih dari 2 orang. paling2 cuma 1. kecuali kalau tokoh  karakternya banyak kayak Suikoden yang jagoannya ada sampe 108 orang.
22. Countdown. Kalau kita harus menyelamatkan diri dari suatu tempat dengan batas waktu tertentu, tempat tersebut bakal ancur tepat setelah kita lolos, ga peduli berapa banyak waktu tersisa yang kita miliki.
23. Boss Pintar. Selalu kabur kalau ketemu tokoh utama, meninggalkan kroco-kroconya untuk menghajar tokoh utamanya.
24. Boss Goblok. Selalu panik memanggil kroconya tiap kali tokoh utama berhasil membunuh satu anak buahnya.
25. Hukum Valas #1. Semua mata uang biasanya diawali huruf G (Gil, Gold, Glider, Gella, Goth) dsb.
26. Ekslusifitas. Biasanya, party kamu adalah satu-satunya yang berusaha menyelamatkan dunia.
27. Aturan Mutilasi. Di setiap game, ada boss yang mempunyai beberapa anggota tubuh yang bisa diserang dan dihancurkan secra terpisah.
28. Tiang Garam. Pernah ketemu karakteryang berdiri mematung saja di tengah-tengah jalan atau pintu? Apa sih tujuannya?
29. Skala Gempa. Yang namanya gempa bumi wujudnya cuma tanah yg bergetar tapi bisa bikin damage ke karakter atau partymu.
30. Lang Ling Lung. Selalu ada penemu di game RPG, contoh: Cid, Momo, Lucca, Emaa,dll.
31. Jubah Sang Kaisar, Armor yang diequip ke karakter rpg pasti ga terlihat, kayak pake baju biasa aja.
32. Ending Song. Waktu dulu belom populer, tapi sekarang wajib harus ada di credit title.
33. Energizer. Obor, lampu, api unggun, atau sumber cahaya lainnya gak pernah padam.
34. Hukum Dagang #1. Semakin jauh perjalanan, semakin lengkap dan bagus toko-toko yang ditemui walaupun daerahnya terpencil sekalipun.
35. Tawa Setan. Rata-rata game rpg punya satu tokoh jahat yang ketawany aneh.
36. Raja Palsu. Kita mendengar dialog seperti ini: “The King has been acting strange lately..” atau semacamnya, biasanya raj yng asli lagi dipenjara atau udah mati. Nah, yang memerintah itu biasaya Raja palsu jelmaan monster atau musuh yang lagi nyamar.
37. Nepotisme. Sering kali salah satu musuh utama punya hubungan darah sama jagoan utama.
38. Tanda-tanda Bencana. Mendekati suatu area berbahaya atau boss. Jumlah save point dan item meningkat.
39. Awas Api. Semua material di rpg bisa terbakar termasuk tanah, metal, air, bahkan hantu.
40. Hukum Dagang #2. Semua toko di rpg bersedia membeli barang yang kamu tawarkan walaupun mereka sudah punya stok yang banyak atau bahkan bukan toko yang berbisnis di bidang itu.
41. Hukum Dagang #3. Toko ga pernah kehabisan stok item.
42. Hotel Gratis. Dalam kondisi normal, hotel berbayar. Kalau lagi event, pasti gratis.
43. Peran Cewek. Rata-rata peran karakter cewek sebagai magic user.
44. Males atau Sungkan. Tidak ada orang yang terpikir untuk membuka kotak harta kecuali kamu.
45. Pelacak Sasaran. Magic selalu tepat mengenai sasaran bak peluru kendali, bahkan beberapa magic yang kelihatannya mengenai seluruh area tidak menghasilkan damage ke ally kita.
46. Kampung Halaman. Kampung halaman tokoh utama, atau tempat pertama kali kita memulai permainan biasanya hancur atau ada alasan lain sehingga kita tidak bisa kembali ke tempat tersebut.
47. Schizophrenia. Saat berjalan-jalan, karakter utama menyimpan (secara harafiah) karakter-karakter lain dalam dirinya. ketika battle barulah karakter-karakter lain itu muncul berloncatan keluar.
48. Hotel Mahal. Semakin jauh perjalanan, semakin mahal biaya sewa kamar hotel.
49. Hotel Wajib. Kalau ada event penting di malam hari, karakter utama secara otomatis masuk ke penginapan tanpa kita kendalikan.
50. Tingkat Hunian Hotel. Hotel seolah ga pernah penuh, selalu ada kamar kosong untuk anggota party mu.
51. Dunia Selebar Daun Kelor. Kebanyakan dunia rpg sangat kecil, hanya ada beberapa kota dan daerah terbuka seluas sepersekian bumi.
52. Kamar Harta Raja. Kamar harta raja isinya ternyata hanya healing herbs, pedang dan sejumlah kecil uang saja.
53. Kleptomania. Kita dengan bebas masuk ke rumah orangdan menjarah lemari, kotak, dan pot-pot yang ada. Pemilik rumah tidak akan bereaksi walaupun kita melakukannya tepat di depan mata mereka.
54. Saat-saat Terakhir. Para pahlawan selalu tiba tepat sebelum penjahat melakukan rencana jahatnya. Sepertinya para penjahat itu sengaja menunggu dengan sabar, biarpun kamu keliling2 dulu mencari item atau menaikkan level.
55. Hukum Sekuel. Pada kebanyakan RPG, yang namanya sekuel gak punya hubungan langsung denga prekuelnya tapi toh ada bebrapa karakter dan lokasi yang muncul terus tanpa logika dan keterangan yang jelas.
56. Hukum Kerajaan. Dalam RPG tidak pernah ada ratu atau putri raja. Kalau ada pasti mereka punya peranan penting dalam cerita.
57. Nepotisme #2. Biasanya karakter utama telah ditnggal pergi atau ditinggal matisalah satu anggota keluarganya.
58. Tanaman Buas. di RPG banyak tanaman yang bergerak bebas dan menyerang manusia.
59. Pintu. Untuk membuka pintu yang terkunci, HARUS menggunakan kunci, gak bisa didobrak atau pake magic/seranga yang paling kuat sekalipun. biarpun pintunya cuma pintu kayu yang dikunci pake gembok biasa.
60. Anak Hilang. Sub mission favorit. Mencari anak yang hilang. biasanya tuh anak main terus diculik monster atau nyasar di gua.
61. Karakter Utama. Kebanyakan senjatanya pedang dan rambut jabrik-jabrik terutama sebelum era konsol next-gen.
62. Anti Detektor Logam. Para jagoan menyembunyikan senjatnya dengan sempurna sampe nggak kelihatan, waktu diperlukan tau2 senjata sudah ada di tangan.
63. Uang Saku. Entah kenapa monster selalu bawa-bawa uang saku yang akan menjadi milikmu ketika mereka kalah. Ternyata monster suka belanja juga.
64. Undang-undang Dasar Game RPG. Hukum paling klise. “Kamu sedang menyelamatkan dunia”
65. Pembukaan Undang-undang Dasar Game RPG. “Kamu sedang melawan orang jahat”
66. Long March. Anggota party tidak pernah capek berjalan, tidak perduli kamu menjelajahi worldmap atau dungeon terus-terusan.
67. Era Digital. RPG lebih maju dari kita dalam hal ini. Setiap damage bisa dihitung dengan angka, praktis karena muncul persis di atas kepala sasaran seperti nilai yang diperoleh peserta kuis TV.
68. Standar Geografi. Pasti ada gunung, gua, dungeon elemen(es, api, hutan, dsb), menara, puri, dungeon hi-tech, kuil. Gunung berapi boleh juga.
69. Status Changes Wajib. Poison, Blind, Paralysis, Confusion. meski namanya beda efek begitu-begitu juga
70. Penghalang Super Power. Kamu bisa melempar monster, membunuh monster, loncat tinggi terus meniban monster dari atas, tapi tidak bisa memindahkan atau melangkahi meja, kursi, atau pot kecil yang menghalangi jalanmu. Jalan satu-satunya hanya dengan memutarinya.
71. Energizer #2. Bahan bakar kendaraan ga pernah habis.
72. Hukum Dagang #4. Kalu kamu menjual sesuatu ke toko yang tidak menyetok item itu (lihat Hukum Dagang #3), kamu tiak bisa membelinya kembali, padahal mestinya barang itu masih ada di toko itu kan?
73. Tak Perlu Toilet. Cukup jelas!
74. “Perkenalkan, nama saya.. #2″. Kita bisa meramal karakter mana yang akan menjadi anggota party, yaitu kalau kita dikasih kesempatan untuk menamai mereka pas muncul pertama kali.
75. Elemen Wajib. Api, es, petir, tanah, angin, logam.
76. Aturan Penjara. Tahanan gak perlu dilucuti senjata dan equipment lainnya.
77. Tanda Baca. Karakter RPG bisa menyarakan bunyi-bunyi tanda baca. Coba baca keras-keras dialog-dialog berikut “…”, “…!”, atau “???”
78. Kelas Boss. Kalau boss yang mati psti ledakannya ada efek2 gimana gitu, kalau keroco2nya ga dapet spesial efek kayak gitu.
80. Tambah Power Senjata. Ga perlu ganti senjata, kalau strength naik damage senjata juga ikut naik. Sebaliknya, ga perlu naikin strength, senjata yang lebih bagus menghasilkan damage yang lebih besar dengan strength yang sama.
81. Putri Pemberontak. Karakter stereotype RPG. Putri raja bakal kabur dan bergabung bersama rombongan party jagoan utama.
82. Karakter “Reject”. Dalam RPG tertentu aja sih, kita bisa menukar karakter yang kita pakai. Nah karakter yang nganggur ngapain yah?? duduk bengong di ruang tunggu ajaib sampe kita panggil lagi? haha.
83. Anomali Hukum Dagang. Item yang sangat-sangat penting atu langka justru harga jualnya cuma 1. Biar pemain nggak tergoda menjualnya kali ya?
84. Kematian #1. Party member bisa disambar petir, dicincang pedang, dan kalaupun mati dalam battle bisa dihidupkan lagi.
85. Kematian #2. Kalau demi cerita, tusukan seatang pisau kecil langsung mati dan tidak bisa dihidupkan lagi.
86. Teman Sejati #2. Semua item yang dibawa nggota party tersimpan dalam sebuah kantong ajaib bersama.
87. Kelemahan Mesiu. Pedang lebih kuat daripada senjata api.
88. Tukang Tidur. Semua karakter yang terkena ststus sleep gak bakal bangun walau ada meteor jatuh, atau banjir sekalipun. tidurnya pun dalam kondisi berdiri atau berlutut.
89. Hukum Arsitektur #3. Kebanyakan bangunan berbentuk simetris baik puri maupun kotanya.
90. Hukum Titanic. Biasanya selalu ada kejadian kapal karam, atau dungeon bangkai kapal.
91. Hotel Mujarab. Luka seberat apapun langsung sembuh dengan tidur satu hari di hotel. bahakn habis mati bia sembuh lagi.
92. Naruh Barang. Dimana naruh barangnya coba, padahal karakternya gak bawa apa-apa.
93. Wujud Asli. Final Boss selalu mempunyai beberapa wujud yang harus dikalahkan satu per satu.
94. Hukum Valas #2. Seluruh dunia menggunakan mata uang yang sama dan bahasa yang sama. Tidak peduli di negara-negara yang saling bermusuhan, perkampungan peri terpencil, atau bahkan kota yang sudah lama hilang.
95. Garansi Seumur Hidup. Senjata dan Armor ga bakalan rusak.
96. Siang-Malam. Di RPG hari selalu siang terus, kecuali kalau lagi event. (Ada beberapa game yang punya sistem siang-malam dinamis.)
97. Pedagang Keliling. Ada di mana-mana termasuk tempat yang sepi pembeli, selalu helpful.
98. Silent is Golden. Selalu ada karakter-karakter yang jaim dan biasanya mereka jarang bicara dan punya dendam terhapat salah satu penjahat utama.
99. Angka keramat 99, 999, 999.999, 9.999.999, 99.999.999. Hampir semua game rpg, kalau membawa item apapun jumlah maksimalnya pasti 99. Bawa 99 Potion dan 99 Hi-Potion oke2 aja, tapi membawa 100 Potion dan 0 Hi-Potion, ga bakal bisa. Level maksimum biasanya 99, uang maksimum 999.999, atau 9.999.999, dst. benar2 angka keramat! (Ini yang paling saya suka)
Yep That’s all, mungkin masih ada lagi yah..Cari aja sendiri.

 

  • Share
  • [i]

3 komentar: